Cara Meningkatkan Ranking Alexa - Tips - Tips

Tips - Tips

Internet dan Optimasi

Cara Meningkatkan Ranking Alexa


rank alexa

Meningkatkan Ranking Alexa Sebenarnya judul artikel ini menurut saya aneh, karena menurut saya jika angka peringkat Ranking Alexa naik maka hal itu merupakan hal yang menyedihkan hehehe tapi whatever lah dengan
judulnya karena semua juga pasti ngerti jika Cara Meningkatkan Ranking Alexaadalah bertujuan untuk memperkecil selisih dengan angka 1. Sebenarnya saya sudah ingin menulis tentang Ranking Alexa ini, namun karena sebelumnya ranking alexaku masih di atas 1 juta jadinya saya ga pede menulisnya. Walau sudah banyak blog yang mengangkat soal Ranking Alexa ini, namun saya mencoba untuk menyajikannya aga sedikit berbeda karena saya melihat ada hal-hal yang justru menurut saya harus dihindari dari poin-poin yang mungkin selama ini sudah pernah dibaca di blog lain.

1. Pasang Widget Alexa.

Menurut saya hal inilah yang paling penting dalam meningkatkan Ranking Alexa, dengan memasang widget Alexa di blog maka otomatis penghitungan pengunjung blog akan tercatat di database Alexa. Jangan malu untuk memasang widget meskipun angkanya menunjukkan juta-juta. Sebelum saya memasang Alexa widget di blog saya yang ini peringkatnya masih 11 jutaan. Namun satu hari setelah saya memasang widgetnya, rankingnya naik menjadi 10 jutaan, jadi kenapa mesti malu masang jika tujuannya untuk kebaikan. Silahkan download Alexa Widget DISINI

2. Pasang Alexa Toolbar.

Untuk hal yang satu ini saya sangat setuju untuk meningkatkan ranking ALEXA, namun tips ini akan sangat berguna jika kita mengakses internet dari komputer pribadi. Dengan memasang Alexa toolbar di browser dengan halaman web/blog kita sebagai homepagenya akan sangat berguna untuk meningkatkan ranking Alexa. Namun jika kita memasangnya di warnet atau di kantor yang notabene sewaktu-waktu halaman Homepagenya di rubah, tentunya tips ini ga akan berfungsi. Lalu bagaimana pemecahannya . Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah menghubungi langsung pemilik atau penjaga warnet agar mau memasang Alexa Toolbar di browser komputer warnet mereka serta menjadikan alamat web/blog kita menjadi halaman homepage default di semua komputernya, apa dan bagaimana kompensasinya itu sih terserah :) . Sebagai informasi, bahwa Alexa toolbar untuk internet explorer dan modzilla firefox berbeda, silahkan unduh Alexa toolbar untuk Internet Explorer DISINI dan untuk Firefox silahkan unduh DISINI.


3. Posting tulisan mengenai Alexa.

Poin ini juga menurut saya cukup efektif untuk meningkatkan RANKING ALEXA, tetapi jika alasannya poin ini bisa menaikkan ranking Alexa karena Alexa memperhatikan artikel kita maka saya tidak setuju. Helloooo . hari gini mana sempat pihak Alexa memperhatikan artikel tiap blog yang jumlahnya jutaan.. Namun saya melihat sisi lain dari poin ini, bahwa minat para blogger untuk mengetahui tips-tips terbaru mengenai Alexa sangatlah tinggi, sehingga jika kita mengangkat tulisan mengenai ranking Alexa yang berbeda dengan artikel di blog lain, maka tentunya pengunjung blog kita akan bertambah oleh para pengunjung yang selalu ingin tahu tentang cara meningkatkan ranking Alexa. Nah disinilah letak mengapa kita bisa menaikkan ranking Alexa dengan tips ini.

4. Tingkatkan Pengunjung Blog.

Poin ini juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan peringkat Alexa. Karena ranking Alexa memang berdasarkan pengunjung web/blog, semakin banyak pengunjung web/blog maka peringkat Alexa akan semakin baik. Bagaimana meningkatkan pengunjung blog, pernah saya bahas disini atau yang di bahas Jimmy disini. Namun saya juga mau menambahkan beberapa tips-tips yang belum saya bahas di halaman tersebut. Untuk meningkatkan pengunjung, daftarkanlah setiap artikel blog pada situs sosial bookmark seperti digg, tachnoratti dan lain-lain, trik ini sangat efektif untuk menarik pengunjung ke web/blog kita. Sesekali tarik pengunjung dengan menulis tentang hal-hal yang sedang hangat dibicarakan, serta jangan lupa untuk selalu meninggalkan Jejak (baca : komentar) pada setiap blog yang dikunjungi.

5. Redirect Blog dengan Url Redirect Alexa.

Untuk poin ini saya jelas-jelas TIDAK SETUJU sekali lagi TIDAK SETUJU. Tips yang mengatakan agar setiap kita mengisi komentar di blog yang kita kunjungi, kita menggunakan link redirect alexa dengan bentuk : saya kurang setuju. Ada beberapa kerugian yang justru kita dapatkan jika kita melakukan hal itu. Pertama, jika kita menggunakan link redirect Alexa maka hitungan Backlink kita ga akan bertambah (jika blog yang kita komentari menganut DOFOLLOW) dan yang Kedua yang paling parah adalah jika kita menggunakan redirect Alexa maka kemungkinan error ketika Link tersebut diklik sangatlah tinggi. Bahkan beberapa hari terakhir link redirect tersebut masih error, sehingga menyusahkan bagi yang mau mengunjungi blog kita. Kasus ini saya alami juga dengan saudara Kombor yang selalu mengisikan url nya dengan link redirect Alexa, saya yang selalu memfollow setiap komentar di blog ini aga kesulitan karena ketika mengklik urlnya justru yang saya temui halaman error, untung saya baek hehehe jadi saya ketikin aja alamat blognya di address bar hehehhe.

6. Gunakanlah browser firefox lalu instal Addon Alexa Sparky 1.2.1 (alexa statusbar) 

lalu klik Tool > Options > Main > Pada startup > When Firefox starets pilih Show my home page, lalu pada Home Page tuliskan nama blog Anda, dengan kata lain setting homepage browser firefox yang sudah diinstal alexa statusbar dengan blog Anda. Saya sendiri mengakses internet di kantor dan ruang laboratorium multimedia, dari 28 komputer yang terhubung koneksi internet setidaknya ada 5 komputer yang saya setting alexa statusbar dan homepage http://hakimtea.com, hehe.


7. Buatlah sebuah atau beberapa postingan yang akan meningkatkan link atau setidaknya traffic untuk blog Anda. 

Seperti awal Agustus ini saya memposting tentang logo HUT RI ke-63 dan menyediakan tag Html yang memudahkan untuk dicopy blogger lain dan diluar dugaan ternyata bukan hanya blogger, tapi pengguna friendster, multiply dan platform lain mengcopy tag logo tersebut dan ramai-ramai memasangnya.

Selain menguji daya kreatifitas tapi keuntungan lainpun kita dapat; backlink dan traffic. Traffic masuk saat widget alexa dan statusbar alexa sudah terpasang. Postingan lain yang mengundang traffic dan backlink adalah U Comment I Follow dan beberapa postingan lain yang cukup bermanfaat dan menimbulkan keinginan blogger lain untuk membacklink blog kita.

Intinya: Jangan bosan membuat postingan yang bermanfaat meskipun tidak ada income didalamnya tapi “keuntungan lain” akan Anda dapatkan nantinya. Dan karena inti dari ngeblog itu adalah berbagi bukan meminta. Lebih banyak berbagi lebih banyak lagi yang akan kita terima.


8. Rajin blogwalking ke blog dengan IP luar negeri. 

Untuk apa? Karena ranking alexa dicatat berdasarkan traffic dan traffic yang masuk tidak dihitung berdasarkan hanya traffic IP satu negara tapi lebih banyak negara yang mengunjungi blog kita maka akan semakin baik nilai ranking alexa tercatat. Anda bisa memaksimalkan Entrecard. Jadi saat ngedrop entrecard rajinlah berkomentar atau cukup mengisi shoutbox jika tersedia (jika blog yg Anda gunakan ngedrop blog Anda yg lain).

9. sering-sering lah posting artikel di blog anda dengan kontent yang unik,

kalau bisa 1 hari sekali di update. itu juga sangat membantu meningkatkan Alexa Rank. terbukti saat blog saya di Alexa rank sekitar 800ribuan, setelah update artikel, langsung deh turun sampai angka sekarang ini sekitar 500ribuan...


10. perbanyak link atau tautan di blog kita.

maksudnya perbanyak internal link dari artikel yang satu dengan artikel sebelumnya, atau bahkan artikel yang pertama kali di posting, gunakan tautan untuk mengelink artikel-artikel yang sudah lama menumpuk atau bahasa lainnya merefresh kembali, jadi artikel anda yang paling pertama tidak terkesan artikel yang mati.


Demikian empat catatan berdasarkan pengalaman dalam meningkatkan ranking alexa selama sebulan ini. Hasilnya? Cukup memuaskan setidaknya untuk saya pribadi meski masih di atas 100 ribu. Mudah2an akan terus meningkat. Oya postingan paid review juga bisa menarik traffic luar lho, asal racikan keywordnya cukup tepat, maka akan banyak bule-bule yang terdampar dan tersesat di blog Anda, hehe
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Meningkatkan Ranking Alexa"


Stay up to date with the latest news and tips from Toko's library https://home.toko.pk/